Thursday, May 4, 2023

Kliping Rumah Adat Pakaian Adat Makanan Khas Alat Musik dan Senjata Tradisional Jawa Timur

 

KLIPING

Rumah Adat, Pakaian Adat, Makanan Khas

Alat Musik Tradisional dan Senjata Tradisional

JAWA TIMUR

 


Rumah Adat Jawa Timur – Kebudayaan Jawa Timur

Rumah Joglo dikenal sebagai rumah adat yang berasal dari Jawa Timur, bentuknya yang limas serta atapnya yang megah sangat dikenal baik oleh masyarakat, Kata Joglo sendiri diambil dari bentuk atapnya yang besar dengan bentuk seperti sebuah gunung.

Rumah adat Jawa Timur Joglo ini mempunyai hal unik tersendiri yang menjadi pembeda dari rumah adat yang lain, contoh salah satunya yaitu bahan utama untuk membuat rumah ini di dominasi oleh kayu jati. Selain itu juga rumah adat Jawa Timur ini memiliki beberapa jenis yang berbeda, berikut penjelasannya

Jenis Jenis Rumah Adat Joglo Jawa Timur

Romah Joglo Sinom

Rumah ini mempunyai ciri khas yaitu mempunyai 36 pilar dan 4 saka guru. Konsep dari rumah ini adalah perkembangan dari saka Joglo yang memakai teras keliling. Masing-masing keempat puncak ini didesain tinggi dan bertingkat.

Rumah Joglo Pangrawit

Rumah ini mempunyai ciri khas yaitu lebih jelas dari rumah Joglo sinom. Halamn rumah ini lebih luas dengan jumlah pilar juga lebih banyak dari rumah Joglo Sinom. Rumah ini mempunyai atap yang menjulang tinggi dan mengerucut dengan setiap sudutnya mempunyai pilar.

Rumah Joglo Hegeng

Rumah ini mempunyai ciri khas yang lebih rumit dari pada rumah Joglo Pangrawit, jumlah pilar lebih banyak lagi dan halamannya lebih luas juga. Rumah ini memiliki ruangan yang ukurannya lebih pendek serta atap yang tumpul. Biasanya yang memiliki rumah Hegeng ini adalah masyarakat yang penghasilan nya menengah ke atas.

 

 


 

Pakaian Adat Jawa Timur – Kebudayaan Jawa Timur

Pakaian Adat Jawa Timur

1. Pese’an Madura

Pakaian adat Jawa Timur dari Madura ini sangat familiar dan diingat oleh masyarakat pada umumnya, pakaian ini memiliki 2 wujud yaitu luaran baju berwarna hitam dan baju dalam nya kaos belang yang berwarna merah putih atau merah hitam, dan untuk celananya longgar serta panjang sampai mata kaki.

Pakaian yang satu ini sudah lumayan terkenal secara nasional bahkan mancanegara. berbeda dengan zaman dulu yang memakai pakaian ini hanya masyarakat Madura, sekarang masyarakat Jawa Timur banyak yang memakai nya, hingga akhirnya pakaian ini paten sebagai pakaian adat Jawa timur.

Zaman dulu baju ini dibuat dari bahan kain China, tetapi saat ini bahannya sudah dimodifikasi memakai bahan tetoran yang dibuat sendiri oleh masyarakat Madura.

2. Pakaian Mantenan

Nama pakaian mantenan ini sama seperti namanya mantenan yaitu pakaian pernikahan adat di Jawa Timur. Pakaian Mantenan ini digunakan saat kedua mempelai melakukan acara pernikahan dengan tata cara adat istiadat Jawa Timur.

Pakaian mantenan sangat banyak kalian temui dan banyak dipakai di berbagai tempat di Jawa Timur. Jenis pakaian ini juga selalu dilengkapi dengan aksesoris lain seperti odheng, kain, selempang, arloji rantai dan lain sebagainya.

cak ning surabaya

Makanan Tradisional Jawa Timur

 

Rujak Cingur adalah salah satu makanan tradisional yang berasal di daerah Jawa Timur,dan banyak ditemukan terutama di daerah Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata “cingur” berarti “mulut”, hal ini dikarenakan rujak cingur memakai bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZI2-QA2ydpiI7EmPVEni02sKWyUKOIK_htLitdbohKldOo-O1Dl__NOAY74yHfORvuHqCwvLwQgvwfj9VRNeG6AOG3bpUA_U0tuA1mQX4o-Ib2QjbbNurAdT3N5l9mJGIcrOstBp-0A8/s1600/169b0-3177247_20130129112857.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Senjata Tradisional Jawa Timur

Clurit

CluritClurit atau celurit adalah senjata tradisional Jawa Timur yang berasal dari daerah Madura. Menurut kepercayaan masyarakat clurit ini berasal dari legenda pak Sakera atau Sakerah, yakni seorang mandor tebu dari Pasuruan yang menjadi tokoh perlawanan penjajahan belanda.

Bagi masyarakat Madura, Celurit memang tidak dapat dipisahkan dari tradisi mereka sampai sekarang. Senjata ini mempunyai bilah yang berbentuk melengkung yang menjadi ciri khasnya sendiri. Celurit menjadi senjata khas suku Madura yang biasa dipakai menjadi senjata ketika carok.

Senjata ini sangat melegenda, biasanya masyarakat Madura memasukkan sejenis makhluk gaib atau yang dikenal dengan sebutan “Khodam” yang tinggal disuatu benda dengan cara merapalkan doa-doa sebelum carok, akan tetapi fungsi utama dari alat ini yaitu sebagai alat pertanian.

BudingBuding

Senjata ini dapat di temukan di masyarakat suku Using di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Senjata ini digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk membantu kegiatan sehari-hari juga sebagai alat untuk pertahanan diri segala ancaman, baik dari musuh ataupun bahaya binatang buas.

Senjata ini berbentuk seperti pisau atau golok yang berukuran panjang kira-kira sekitar 46 cm dan memiliki gagang serta mempunyai sarung pelindung.

Bionet

Bionet senjata jawa timur

Bionet ini merupakan senjata tradisional Jawa Timur yang biasa dipakai masyarakat daerah Lenteng, Sumenep. Bentuk dari senjata ini lurus, mempunyai dua sisi yang tidak terlalu tajam, panjangnya hampir seperti pedang namun mempunyai ujung yang sangat runcing berbeda dengan senjata lainnya.

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

BonangBonang

 Alat musik ini juga termasuk digunakan dalam gamelan Jawa. Bonang dibuat dari koleksi gong kecil yang disebut ceret atau pot. Kemudian gong kecil tersebut diletakkan secara horizontal ke string pada bingkai kayu. Bonang juga bisa dibuat dari parunggu yang dipalsukan, dilas, dingin lalu dipalu besi, atau gabungan dari logam.

Untuk memainkan Bonang adalah dengan cara dipukul yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu: di gembyang dan di kempyung. Sementara pada bagian atas Bonang yang menonjol ditabuh dengan menggunakan dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut bindhi.

Terompet Reog

Terompet ReogMungkin sebagian banyak orang hanya mengetahui Terompet Reog berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah saja, namun Jawa Timur juga mempunyai alat musik tradisional ini. Biasanya, Terompet Reog digunakan sebagai pengiri pertunjukkan Reog Ponorogo.
Untuk memainkannya, Terompet Reog dengan cara di tiup, dan termasuk dalam kategori alat musik aerofon atau tiup.

 

aronen

saronen 

Alat musik tradisional ini berkembang di masyarakat Madura. Dari harmonisasi yang dihasilkan memang identik dengan karakteristik dan identitas masyarakat Madura yang tegas, poos, dan terbuka mengilhami sang Penciptanya. Ciri khas dari alat musik ini adalah dengan mempunyai Sembilan instrument yang sangat khas, dan disesuaikan dengan niai filosofis islam. Saronen dimainkan dengan cara ditiup.

 

 DOWNLOAD KLIPING LENGKAP DENGAN GAMBAR DISINI

Download Format Word



loading...

Share this

0 Comment to "Kliping Rumah Adat Pakaian Adat Makanan Khas Alat Musik dan Senjata Tradisional Jawa Timur"

Post a Comment