Wednesday, April 26, 2023

Makalah Kisah 25 Nabi dan Rasul

 MAKALAH

KISAH 25 NABI

 


BAB I

PEMBAHASAN

A.      PENGERTIAN NABI DAN RASUL

Nabi Adalah Orang Yang Menerima Wahyu Atau Syariat Dari Allah Sedangkan Rasul Adalah Seseorang Yang Menerima Wahyu Atau Sariat Dari Allah Dan DiperintahkanUntuk Menyampaikannuya Kepada UmatnyaJumlah Nabi Ada 124000 Orang Dan Jumlah Rasul Ada 313 Orang Tapi Yang DiBahas Dalam Al- Quran 25 Orang.

 B.       SIFAT NABI

Adapun sifat seorang nabi dan rasul adalah sebagai berikut:

1.      Sidiq yang artinya benar.

2.      Amanah yang artinya dapat dipercaya.

3.      Tablig yang artinya menyampaikan.

4.      Fatanah yang artinya pintar.

 

C.      KISAH 25 NABI DAN RASUL

1.      Nabi Adam ‘Alaihi Ssalam

Setelah Allah menciptakan bumi dengan gunung-gunungnya, laut-lautannya dan tumbuh - tumbuhannya, menciptakan langit dengan mataharinya, bulan dan bintang-bintangnya yang bergemerlapan menciptakan malaikat-malaikatnya ialah sejenis makhluk halus yangdiciptakan untuk beribadah menjadi perantara antara Zat Yang Maha Kuasa dengan hamba-hamba terutama para rasul dan nabinya maka tibalah kehendak Allah untuk menciptakan sejenis makhluk lain yang akan menghuni dan mengisi bumi memeliharanya menikmati tumbuh-tumbuhannya,mengelola kekayaan yang terpendam di dalamnya dan berkembang biak turun-temurun waris-mewarisi sepanjang masa yang telah ditakdirkan baginya.

Para malaikat ketika diberitahukan oleh Allah s.w.t. akan kehendak-Nya menciptakan makhluk lain itu, mereka khuatir kalau-kalau kehendak Allah menciptakan makhluk yang lain itu,disebabkan kelalaian mereka dalam ibadah dan menjalankan tugas atau karena pelanggaran yang mereka lakukan tanpa disadari. Berkata mereka kepada Allah.: "Wahai Tuhan kami! Buat apa Tuhan menciptakan makhluk lain selain kami,padahal kami selalu bertasbih, bertahmid, melakukan ibadah dan mengagungkan nama-Mu tanpa henti-hentinya,sedang makhluk yang Tuhan akan ciptakan dan turunkan ke bumi itu,nescaya akan bertengkar satu dengan lain,akan saling bunuh-membunuh berebutan menguasai kekayaan alam yang terlihat diatasnya dan terpendam di dalamnya,sehingga akan terjadilah kerusakan dan kehancuran di atas bumi yang Tuhan ciptakan itu."

Allah berfirman, menghilangkan kekhuatiran para malaikat itu: "Aku mengetahui apa yang kamu tidak ketahui dan Aku sendirilah yang mengetahui hikmat penguasaan Bani Adam atas bumi-Ku.Bila Aku telah menciptakannya dan meniupkan roh kepada nya,bersujudlah kamu di hadapan makhluk baru itu sebagai penghormatan dan bukan sebagai sujud ibadah,karena Allah melarang hamba-Nya beribadah kepada sesama makhluk-Nya."Kemudian diciptakanlah Adam oleh Allah dari segumpal tanah liat,kering dan lumpur hitam yang berbentuk.Setelah disempurnakan bentuknya ditiupkanlah roh ciptaan Tuhan ke dalamnya dan berdirilah ia tegak menjadi manusia yang sempurna.

Iblis membangkang dan enggan mematuhi perintah Allah seperti para malaikat yang lain,yang segera bersujud di hadapan Adam sebagai penghormatan bagi makhluk Allah yang akan diberi amanat menguasai bumi dengan segala apa yang hidup dan tumbuh di atasnya serta yang terpendam di dalamnya. Tuhan bertanya kepada Iblis:"Apakah yang mencegahmu sujud menghormati sesuatu yang telah Aku ciptakan dengan tangan-Ku?" Iblis menjawab:"Aku adalah lebih mulia dan lebih unggul dari dia.Engkau ciptakan aku dari api dan menciptakannya dari lumpur." Karena kesombongan,kecongkakan dan pembangkangannya melakukan sujud yang diperintahkan,maka Allah menghukum Iblis dengan mengusir dari syurga dan mengeluarkannya dari barisan malaikat dengan disertai kutukan dan laknat yang akan melekat pd.dirinya hingga hari kiamat.Di samping itu ia dinyatakan sebagai penghuni neraka.

Iblis dengan sombongnya menerima dengan baik hukuman Tuhan itu dan ia hanya mohon agar kepadanya diberi kesempatan untuk hidup kekal hingga hari kebangkitan kembali di hari kiamat.Allah meluluskan permohonannya dan ditangguhkanlah ia sampai hari kebangkitan,tidak berterima kasih dan bersyukur atas pemberian jaminan itu,bahkan sebaliknya ia mengancam akan menyesatkan Adam,sebagai sebab terusirnya dia dari syurga dan dikeluarkannya dari barisan malaikat,dan akan mendatangi anak-anak keturunannya dari segala sudut untuk memujuk mereka meninggalkan jalan yang lurus dan bersamanya menempuh jalan yang sesat,mengajak mereka melakukan maksiat dan hal-hal yang terlarang,menggoda mereka supaya melalaikan perintah-perintah agama dan mempengaruhi mereka agar tidak bersyukur dan beramal soleh. Kemudian Allah berfirman kepada Iblis yang terkutuk itu: "Pergilah engkau bersama pengikut-pengikutmu yang semuanya akan menjadi isi neraka Jahanam dan bahan bakar neraka.Engkau tidak akan berdaya menyesatkan hamba-hamba-Ku yang telah beriman kepada Ku dengan sepenuh hatinya dan memiliki aqidah yang mantap yang tidak akan tergoyah oleh rayuanmu walaupun engkau menggunakan segala kepandaianmu menghasut dan memfitnah." 

Allah hendak menghilangkan anggapan rendah para malaikat terhadap Adam dan menyakinkan mereka akan kebenaran hikmat-Nya menunjuk Adam sebagai penguasa bumi,maka diajarkanlah kepada Adam nama-nama benda yang berada di alam semesta,kemudian diperagakanlah benda-benda itu di depan para malaikat seraya:"Cubalah sebutkan bagi-Ku nama benda-benda itu,jika kamu benar merasa lebih mengetahui dan lebih mengerti dari Adam."

Para malaikat tidak berdaya memenuhi tentangan Allah untuk menyebut nama-nama benda yang berada di depan mereka.Mereka mengakui ketidak-sanggupan mereka dengan berkata:"Maha Agung Engkau! Sesungguhnya kami tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu kecuali apa yang Tuhan ajakan kepada kami.Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana."

Adam lalu diperintahkan oleh Allah untuk memberitahukan nama-nama itu kepada para malaikat dan setelah diberitahukan oleh Adam,berfirmanlah Allah kepada mereka:"Bukankah Aku telah katakan padamu bahawa Aku mengetahui rahsia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan." 

Adam diberi tempat oleh Allah di syurga dan baginya diciptakanlah Hawa untuk mendampinginya dan menjadi teman hidupnya,menghilangkan rasa kesepiannya dan melengkapi keperluan fitrahnya untuk mengembangkan keturunan. Hawa diciptakan oleh Allah dari salah satu tulang rusuk Adam yang disebelah kiri diwaktu ia masih tidur sehingga ketika ia terjaga,ia melihat Hawa sudah berada di sampingnya. Allah memerintahkan kepada Adam dan Hawa untuk hidup menikmati apa yang ada di syurga akan tetapi mereka dilarang makan buah yang akan menyebabkan kamu celaka dan termasuk orang-orang yang zalim.Ketahuilah bahawa Iblis itu adalah musuhmu dan musuh isterimu,ia akan berusaha membujuk kamu dan menyeret kamu keluar dari syurga sehingga hilanglah kebahagiaan yang kamu sedang nikmat ini. Iblis mulai menunjukkan rancangan penyesatannya kepada Adam dan Hawa yang sedang hidup berdua di syurga yang tenteram, damai dan bahagia. Ia menyatakan kepada mereka bahawa ia adalah kawan mereka dan ingin memberi nasihat dan petunjuk untuk kebaikan dan mengekalkan kebahagiaan mereka.Segala cara dan kata-kata halus digunakan oleh Iblis untuk mendapatkan kepercayaan Adam dan Hawa bahawa ia betul-betul jujur dalam nasihat dan petunjuknya kepada mereka. Ia membisikan kepada mereka bahwa. Larangan Tuhan kepada mereka memakan buah-buah yang ditunjuk itu adalah karena dengan memakan buah itu mereka akan menjelma menjadi malaikat dan akan hidup kekal. Diulang-ulangilah bujukannya dengan menunjukkan akan harumnya bau pohon yang dilarang indah bentuk buahnya dan lazat rasanya.Sehingga pada akhirnya termakanlah bujukan yang halus itu oleh Adam dan Hawa dan dilanggarlah larangan Tuhan.

Allah telah menerima taubat Adam dan Hawa serta mengampuni perbuatan pelanggaran yang mereka telah lakukan hal mana telah melegakan dada mereka dan menghilangkan rasa sedih akibat kelalaian peringatan Tuhan tentang Iblis sehingga terjerumus menjadi mangsa bujukan dan rayuannya yang manis namun berancun itu. Adam dan Hawa merasa tenteram kembali setelah menerima pengampunan Allah dan selanjutnya akan menjaga jangan sampai tertipu lagi oleh Iblis dan akan berusaha agar pelanggaran yang telah dilakukan dan menimbulkan murka dan teguran Tuhan itu menjadi pengajaran bagi mereka berdua untuk lebih berhati-hati menghadapi tipu daya dan bujukan Iblis yang terlaknat itu.Harapan untuk tinggal terus di syurga yang telah pudar karena perbuatan pelanggaran perintah Allah,hidup kembali dalam hati dan fikiran Adam dan Hawa yang merasa kenikmatan dan kebahagiaan hidup mereka di syurga tidak akan terganggu oleh sesuatu dan bahawa redha Allah serta rahmatnya akan tetap melimpah di atas mereka untuk selama-lamanya.

Turunlah Adam dan Hawa ke bumi menghadapi cara hidup baru yang jauh berlainan dengan hidup di syurga yang pernah dialami dan yang tidak akan berulang kembali.Mereka harus menempuh hidup di dunia yang fana ini dengan suka dan dukanya dan akan menurunkan umat manusia yang beraneka ragam sifat dan tabiatnya berbeda-beda warna kulit dan kecerdasan otaknya.Umat manusia yang akan berkelompok-kelompok menjadi suku-suku dan bangsa-bangsa di mana yang satu menjadi musuh yang lain saling bunuh-membunuh aniaya-menganianya dan tindas-menindas sehingga dari waktu ke waktu Allah mengutus nabi-nabi-Nya dan rasul-rasul-Nya memimpin hamba-hamba-Nya ke jalan yang lurus penuh damai kasih sayang di antara sesama manusia jalan yang menuju kepada redha-Nya dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.

2.      Nabi Idris ‘Alaihi Ssalam

Tak banyak yang dikisahkan tentang Idris. Ia disebutkan lahir di daerah Munaf -Mesir. Ia juga diyakini sebagai nabi pertama yang menulis dengan pena.Wallahua'lam, apakah keyakinan tersebut berkait dengan kenyataan bahwa kertaspertama, yang disebut papirus, diciptakan oleh masyarakat Mesir.Idris disebut belajar agama dari Sis -anak Adam yang juga menjadi Nabi.Masyarakat terdahulu juga meyakini bahwa ia dibawa ke surga sebelum mengalamikematian. Mereka percaya, nabi Idris adalah satu-satunya manusia yang masuk surgatanpa pernah mati. Itu terjadi pada usia 82 tahun. Quran menyebut kisah Idris dalamSurat Maryam 56-57. Juga pada surat Al- Anbiya (Para Nabi) ayat 85-86.

3.      Nabi Nuh ‘Alaihi Ssalam

Nabi Adam As Beliau Adalah Putra Lamik BinMatusyalih Bin Ukhnukh (IDRIS).Nabi nuh menerima wahyub dari allah ketika dalammasa kekosongan diantara 2 rasul. Dalam masa itu manusia berangsur-angsur melupakan ajaran allah dan kembali kepada kesesatan.Nabi nuh di utus oleh allah di daerah armenia yakni ke tengah tengah masyarakatyang sedang menyembah berala, yaitu patung patung yang di buat merekasendiri.menurut mereka patung itu punya kuasa ajaib di atas manusia,nabi nuh membuat kapal dengan kaumnya dan memasuki kapal itu lalu terjadilahbanjir besar yang membinsakan orang orang kafir.

4.      Nabi Huud ‘Alaihi Ssalam

Hud disebut sebagai cucu Nuh, dari putranya Sam. Bila benar, tidak cukupterjelaskan bagaimana ia bisa menjadi keluarga terhormat kaum Ad yang tinggal di Ahqaf, antara Yaman dan Oman, sementara kakeknya di Armenia. Kaum Ad disebutsebagai masyarakat yang makmur. Perekonomian berkembang pesat. Pada saat itu,gedung-gedung sudah terbangun megah. penduduknya dilukiskan sebagai orang-orang yang cantik dan tampan. Namun mereka semua mengabaikan aspekspiritualitas. Mereka hidup berfoya-foya dan menyombongkan kemewahan. Hudmengajak mereka untuk mensyukuri kemakmuran itu dengan beribadahpada Allah.Mereka menolak. Mereka mempe rcayakan hidupnya pada berhala. Sampai kemudiandatang musibah. Hujan sama sekali tak turun. Sungai dan sumur mengering. Ladang-ladang menjadi kerontang. Tanaman mati. Juga ternak-ternak. Hud kembali mengajakmereka menyembah Allah dan berdoa kepadaNya. Tapi mereka tetap mengagungkanberhala.

 

 

5.      Nabi Shaleh ‘Alaihi Ssalam

Shalih lahir dan tumbuh di lingkungan kaum Tsamud, kaum yang diyakini sebagaiketurunan kaum Ad. Mereka tinggal di wilayah Hijir yang kini berada di wilayah Saudi Arabia. Sebagaimana kaum Ad, orang-orang Tsamud hidup berkecukupan. Mereka juga bermewah-mewah serta menyembah berhala.Shalih mencoba mengingatkan mereka. Hinaan yang malah diperolehnya. ApalagiShalih tak seperti Hud di masa kaum Ad yang berasal dari keluarga terpandang.Shalih datang dari keluarga miskin. Kaum Tsamud menantang Shalih untukmenunjukkan bukti sekiranya ia "seorang yang benar". Atas izin Allah, Shalih punmenunjukkan bukti mukjizat.Tafsir Quran menyebut bahwa mukjizat itu berupa seekor unta betina yang keluar dari batu besar setelah Shalih memukulkan telapaktangannya.

6.      Nabi Ibrahim ‘Alaihi Ssalam

Ibrahim berasal dari Babilonia, salah satu pusat peradaban masa itu selainMesopotamia, yang kemudian dikenal sebagai wilayah Mausul. Kawasan itu terletak diantara sungai Efrat dan Tigris/Dajlah yang kini menjadi bagian negara Irak. Penguasapada masa Ibrahim adalah raja besar, Namrud bin Kusy. Ayah Ibrahim, Azar, adalahpematung istana. Dialah pembuat arca yang disembah raja dan seluruh rakyat.Ibrahim seorang yang kritis pada masalah ketuhanan. Ia menggugat ayahnya yangmenyembah patung buatannya sendiri.Di masa remaja, Ibrahim menghancurkanpatung-patung istana, lalu mengalungkan kapak penghancurnya di leher arcaterbesar. Ketika disidang, Ibrahim berkilah bahwa yang menghancurkan arca-arca ituadalah arca terbesar. Ia minta Namrud untuk bertanya pada arca besar itu.

  DOWNLOAD MAKALAH LENGKAPNYA DISINI

Download Format Word




loading...

Share this

0 Comment to "Makalah Kisah 25 Nabi dan Rasul"

Post a Comment